GBPP

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN

 

Minggu

Tujuan Instruksional Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Estimasi Waktu

Daftar Pustaka

Pengajar

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat membedakan perilaku komunikasi kelompok dengan komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasional dalam suatu bacaan. Ciri-ciri perilaku komunikasi kelompok.
  1. Orientasi tujuan.
  2. Struktur komunikasi.
  3. Ukuran kelompok.
  4. Salingketerkaitan antar anggota.
  5. Durasi.

100

-

1

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat mengidentifikasi unsur-unsur sistem komunikasi kelompok dalam kasus komunikasi kelompok (bacaan) dan dapat menganalisnya berdasarkan salah satu teori psikologi sosial yang relevan. Teori Sistem Kelompok dan Teori Psikologi Sosial untuk Komunikasi Kelompok.
  1. Sistem Kelompok dan Unsur-unsurnya (input, proses, output).
  2. Teori Psikologi Sosial: Teori Perbandingan Sosial dari Festinger, Teori Sistem Eksternal dan Sistem Internal dari Homans, Teori Pertukaran Sosial dari Thibaut dan Kelley, Analisis Proses Interaksi dari Bales.

100

Saragih (musyawarah Petani untuk Kredit Pupuk, hal )

1

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat mempraktekkan pengamatan komunikasi kelompok dengan Analisis Proses Interaksi dari Bales. Analisi Proses Interaksi dari Bales.
  1. Pengamatan diskusi kelompok.
  2. Pembuatan transkripsi
  3. Pengkategorian Ungkapan menurut jenis interaksi.
  4. Pengolahan dan Analisis Ungkapan (tahap-tahap proses diskusi, kecenderungan peran anggota dalam setiap fase, keseimbangan antara aspek sosial dan tugas)

200

Buku “Komunikasi Kelompok “ UI Press

2

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat akan dapat menganalis motivasi mendirikan kelompok berdasarkan Expectancy Theory dan Teori Motivasi dari Maslow dari kasus dalam bacaan.
  1. Expectancy Theory.
  2. Teori Kebutuhan dari Maslow.
  3. Menganalisis daya tarik, kaitan kinerja-imbalan dan kaitan usaha kinerja.
  4. Menganalisis kebutuhan anggota (kebutuhan rasa aman, kasih sayang/sosial, harga diri

100

Saragih (Mengatasi Ketakutan akan hari Raya) hal:

2

5.

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan dapat menghubungkan antara tipe jaringan komunikasi dengan efektivitas dalam pemecahan masalah dan hubungan interpersonal.
  1. Jaringan komunikasi kelompok.
  2. Tipe-tipe Jaringan komunikasi kelompok.
  3. Efektivitas pemecahan masalah dan pembinaan hubungan interpersonal.

100

4, 9

3

6.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menyimpulkan gaya kepemimpinan berdasarkan Teori Perilaku Pemimpin dan Teori Situasional Kepemimpinan dengan mengidentifikasi perilaku komunikasi pemimpin dari kasus bacaan. Komunikasi dalam kepe-mimpinan berdasarkan (1) Teori Perilaku Pemimpin (2) Teori Situasional Kepemimpinan.
  1. Teori Perilaku Pemimpin (Teori Perilkaku berdasarkan hasil penelitian Ohio State Studies dan University of Michigan Studies)
  2. Teori Sistuasional Kepemimpinan (Teori Jalan Tujuan dari Robert House, Teori Situasional dari Fiedler dan Teori Situasional dari Hersey dan Blanchard).

100

Idem

3

7.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan mengakui pentingnya sikap kerjasama dan kejujuran dalam mengelola konflik dalam suatu kelompok. Sikap-sikap yang kondusif untuk komunikasi dalam rangka pengeleloaan konflik.
  1. Sikap kerjasama versus sikap kompetitif.
  2. Kejujuran.
  3. Peran insentif dalammendorong sikap kerjasama.

100

1,3

2

8.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat mempraktekkan prosedur pemecahan masalah berdasarkan Teknik Nominal. Teknik Nominal.
  1. Brainstorming.
  2. Pengambilan Keputusan secara tatap muka dengan mengumpulkan penilaian-penilaian secara sistematis tetapi independen dengan prosedur tertentu.

200

6

2

9.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat mengevaluasi praktekteknik Focus Group Discussion untuk memahami persepsi kelompok.

Focus Group Discussion

  1. Pelaksanaan FGD meliputi: merumuskan pertanyaan sesuai topik dan melakukan FGD.
  2. Melakukan pengamatan FGD untuk mengevaluasi pelaksanaan FGD berdasarkan peran sebagai fasilitator dan anggota.

100

1,4,6

3

10.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menganalisis unsur dinamika kelompok. Dinamika Kelompok Unsur dinamika Kelompok: Tujuan kelompok, struktur kelompok, fungsi tugas, pengembangan dan pembinaan kelompok, kekompakan kelompok, suasana kelompok, tekanan kelompok dan keberhasilan kelompok dan hidden agenda.

100

4,6

1

 

DAFTAR PUSTAKA

 

1) Beebe, Steven A dan John Masterson. 1986. Communicating in Small Group Principles and Practices. Scott, Foresmen and Company. Glenview, Illinois, USA.
2) Bulatau SJ. 1991. Teknik Diskusi Berkelompok. Kanisius. 1971. Yogyakarta.
3) Galanes, Gloria J and john K Brilhart. 1997. Communicating in Groups: Applications and Skills (third edition). The McGraw Hill Companies. USA.
4) Goldberg, Alvin A dan Carl E Larson. 1985. Komunikasi Kelompok: Proses-proses Diskusi dan Penerapannya. UI Press. Jakarta.
5) Krueger. 1991. Focus Group Discussion.
6) Robbins, Stephen P. 1991. Organizational Behaviour. Concepts Controversies, and Applications. Prentice Hall International, Inc. New York.
7) Rothwell, J Dan. 1995. In Mixed Company Small Group Communication. Holt, Rinehart and Winston, Inc. USA.
8) Hubeis, A Vitayalla. 1994. Dinamika Kelompok. (makalah tidak dipublikasikan).
9) Tubbs, Steward L and Sylvia Moss. 1996. Human Communication. Konteks-konteks Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya dan McGraw-Hill, Inc. Singapore.

 

 

PENGAJAR

  1. Ir. Sarwititi Sarwoprasodjo, MS
  2. Dr. Ir. Djuara P. Lubis
  3. Ir. Sutisna Riyanto, MS